Senin, 21 Juni 2010

pentingnya menyadari dampak dunia maya

Saat ini masyarakat telah melakukan kesalahan logika dalam melihat dunia maya. Dunia maya dianggap adalah dunia yang terpisah dengan dunia nyata dan bukan kepanjangan dari dunia nyata.
Kalau dunia maya dianggap berbeda dengan dunia nyata maka etika, moral dan aturan lain yang mengikuti manusia harus dibuat untuk dunia maya.
Maki-maki di dunia maya dampaknya sama menyakitkannya dengan dunia nyata
Salah satu yang menyebabkan orang salah dalam memikirkan bahwa dunia maya tidak berbatas adalah karena dunia nyata ada identitas yang bisa dipertanggung jawabkan. Sedangkan dunia maya orang terbiasa dengan tanpa identitas.jadi mereka berani melakukan hal-hal yang kurang pantas di lakukan.
Kalaupun ada bisa dibuat banyak identitasnya. Artinya di dunia maya orang tidak bisa dipertanggungjawabkan.
bisa melakukan banyak hal,entah itu positif ataupun negatif tanpa batasan.

Dunia maya mampu mempengaruhi seseorang dalam berfikir dan bertindak. Dunia yang dipenuhi ide, imajinasi, inovasi, kreatifitas, unek-unek, pengalaman dan hal lain yang muncul dari hasil pemikiran manusia atau pun teori-teori yang telah ada. Sungguh dunia unik yang memberikan kebebasan manusia sehingga bisa berkomunikasi tanpa terhalang jarak, umur, jenis kelamin, pendidikan, ras, agama, keturunan maupun waktu. Dunia maya mampu merealisasikan sesuatu yang baru sebatas ide atau imajinasi menjadi sesuatu yang memuaskan tanpa harus dalam bentuk nyata (dapat diraba).
Bagi sebagian orang internet adalah dewa kehidupan, sebagian lagi menyebut sebagai kesenangan, hiburan semata, sebagian lagi menganggap internet tak ubahnya kertas kosong yang mampu diisi dengan apapun ataupun hanya sekedar dilipat untuk dibuang.
Berikut adalah gambaran pengaruh dan akibat negatif penggunaan internet yang tidak bijak dan tidak baik :

1. Merusak moral, mental, dan cara berfikir
Hal ini adalah awal rusaknya para pengguna internet, mereka dipengaruhi cara berfikir yang salah tentang internet. Diberikan gambaran tentang black hacker, pornografi, black underground community, dan hal negatif lainnya. Sehingga mereka terpancing untuk mencoba hal-hal buruk yang pada akhirnya merugikan diri sendiri dan orang lain. Yang lebih parah tingkah laku tidak terpuji mereka juga diterapkan didunia nyata. Daya khayal tinggi (candu) akan sesuatu yang menurut mereka menyenangkan membuat mereka lupa akan diri mereka sendiri. Hal ini membuat generasi berikutnya kehilangan kendali untuk menantukan nasib mereka. Bukan hanya itu mereka lebih suka mengumbar emosi untuk meluapkan ketidak senangan mereka terhadap sesuatu.

2. Kerugian finansial
Kerugian finansial disini bisa terhadap diri sendiri maupun orang lain. Kesenangan menggunakan internet yang berlebihan dapat membuat tagihan internet membengkak, walaupun itu layanan internet kantor maupun pribadi.

3. Menginap di Hotel Prodeo
Yang satu ini bukan cerita belaka, kevin mitnick mungkin seorang hacker yang menginap lama di Hotel Prodeo, keingin tahuannya mengantar beliau mendekam di penjara. Niat yang baik harus tersusun dan terarah supaya para pengguna yang pada dasarnya merupakan generasi berikut sangatlah penting, jangan sampai perkembangan teknologi yang satu ini menjadi bumerang baik bagi diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar bahkan dunia maya Indonesia.
Marilah kita bersama menjaga dunia maya kita, karena siapa yang akan menjaganya kecuali diri kita sendiri yang telah diberi ilmu lebih dulu dari mereka yang belum mengenalnya. Tetapkan hati, kuatkan niat untuk menjaga dunia maya kita agar terbentuk generasi yang handal dari sisi inteligensi, emosional maupun spiritual...

1 komentar:

  1. memang benar bahwa dunia maya itu banyak mempengaruhi seseorang dalam berperilaku,bertindak dan berpikir dalam kehidupan sehari-hari tetapi tergantung dari orang itu sendiri dalam memanfaatkan fasilitas yang melibatkan dunia maya..
    jika orang tersebut dapat memahami mana yang baik dan buruk serta mengerti mana yang dapat merugikan dirinya serta orang lain dan mana yang tidak merugikan,maka kejahatan di dunia maya tidak akan terjadi.

    BalasHapus